Iklan

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami dan Ampuh

http://www.materikesehatan.com/2016/05/jual-masker-kefir-toner-kefir-cream.html

Cara Menghilangkan Komedo - Komedo merupakan salah satu permasalah yang sering menyerang remaja dan yang sering juga menyerang kulit berminyak selain jerawat. Komedo yang keluar di hidung akan membuat wajah terlihat tidak mulus. karena Area wajah yang rentan ditumbuhi komedo ialah bagian hidung. Komedo yang tumbuh di daerah ini akan mengganggu penampilan karena mengakibatkan riasan tidak sempurna, karena berbintik hitam sehingga wajah bakalah menjadi kusam.

Komedo juga merupakan penyumbatan pada pori-pori kulit sehingga muncul benjolan kecil berwarna putih yang disebut whitehead dan yang berwarna hitam dikenal sebagai blackhead, pada sekitar kulit atau wajah anda. Terkadang komedo juga berwarna kekuningan. Biasanya sasaran utama munculnya komedo yaitu pada wajah, area hidung dan sekitar mata. Komedo dapat berkembang menjadi jerawat, yang dikenal sebagai papul atau pustule. Komedo secara umum biasanya muncul dan berkembang pada saat dan setelah masa pubertas, ketika kadar hormon menghasilkan sebum yang berlebih.


Cara membersihkan komedo kebanyakan biasa hanya menghilangkan komedo untuk sementara, namun penumpukan minyak dan kotoran di dalam pori bisa membuat komedo muncul lagi. Satu-satunya yang bisa Anda lakukan hanya mengurangi kemungkinan munculnya komedo serta mencegah agar komedo tidak muncul terlalu banyak.

Jika sahabat ingin mengurangi kemunculan komedo, ada baiknya selalu menjaga kondisi kulit wajah agar minyak dan kotoran tidak menumpuk di dalam pori-pori kulit, terutama jika kulit Anda sangat berminyak. Pastikan untuk selalu membersihkan wajah 2 kali sehari, dan hindari tidur dengan wajah kotor. Usahakan untuk tidak sering-sering menggunakan kosmetik tebal, dan jika menggunakannya, bersihkan dulu dengan toner sebelum disambung sabun.

Bagi sebagian orang, komedo merupakan istilah dari pori pori wajah yang tersumbat kotoran. Namun kondisinya bisa terbuka maupun tertutup. Yang jelas, komedo menyumbat kelenjar minyak yang ada pada kulit wajah kita. Sejauh ini menurut para pakar kesehatan kulit, ada dua jenis komedo ada komedo hitam (blackhead/black comedo) dan juga Komedo putih (whitehead/white comedo).
  • Black comedo atau Komedo Hitam
Komedo ini adalah komedo yang berwarna hitam karena mengandung unsur melanin. Mulanya, komedo yang keluar dari permukaan kulit wajah  berwarna putih, akan tetapi terjadi oksidasi lansung dengan udara
sehingga warnanya berubah menghitam. Kalau sudah di luar kulit nih, rasanya pasti sangat menjengkelkan. Komedo ini Nampak seperti pori-pori, namun warnanya itu loh, hitam. Komedo ini juga disebut sebagai open comedo loh sobat, yang artinya komedo terbuka. Disebut terbuka karena posisinya terluar dan Nampak pada permukaan kulit kita.
  • White comedo atau Komedo putih
Mungkin awalnya kita berfikir bahwa ada perbedaan jenis antara komedo hitam dan putih. Ternyata perbedaan tersebut hanya terletak pada warna in dan out nya saja. Komedo ini disebut komedo putih
karena letaknya yang berada di dalam kulit sehingga tak langsung beroksidasi dengan udara. Komedo putih memiki epitel yang tumbuh pada pori yang tersumbat, sehigga nampaklah tonjolan putih yang berukuran kecil dan meruncing jika kita cabut karena posisinya yang berada di bawah kulit.
  •  Komedo jenis terbuka:
Melakukan tekanan vertikal secara lembut di sekeliling komedo. Jika tidak ada isi yang keluar, jari-jari dipindahkan ke lokasi berbeda di sekitar komedo dan prosedurnya kemudian diulang kembali. Jika lemak mulai keluar, tekanlah secara perlahan di beberapa tempat (dengan menggunakan dua jari berlawanan) sampai semua isi dikeluarkan. Lap dengan kain yang bertekstur lembut dan steril.
  • Komedo jenis tertutup:
Jika komedo sulit dikeluarkan, tusuklah dengan lembut di bagian tengahnya dengan jarum steril. Setelah itu, isi dari komedo dikeluarkan dengan prosedur yang telah dijelaskan pada langkah komedo jenis terbuka.

Gejala Komedo

Gejala komedo sangat mudah terlihat, yaitu kemunculan benjolan yang sangat kecil,terutama pada kulit wajah. Karena tidak terjadi inflamasi, komedo tidak terasa sakit. Komedo bisa mengalami peradangan jika dicungkil atau digaruk.

Penyebab Komedo

Pada masa remaja produksi hormon akan meningkat, khususnya hormon testosterone pada remaja pria. Peningkatan hormon inilah yang merangsang kelenjar minyak menjadi sangat aktif dan menghasilkan minyak secara berlebihan. Inilah yang menyebabkan tersumbatnya akar rambut dan juga pori-pori kulit. Ketika terinfeksi, bakteri akan mengakibatkan terbentuknya komedo dan jenis jerawat lainnya. Berikut ini adalah beberapa faktor yang meningkatkan risiko munculnya komedo.
  • Meningkatnya bakteri propionibacterium acnes pada permukaan kulit.
  • Iritasi folikel rambut yang menyebabkan sel kulit mati tidak rontok secara teratur.
  • Mengalami perubahan hormon yang menyebabkan meningkatnya produksi minyak, terutama pada saat remaja dan saat menstruasi.
  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu, misalnya steroid, lithium, atau pil KB.

Pengobatan Komedo

Untuk mengatasi komedo ringan, Anda bisa melakukan pengobatan di rumah dengan membeli berbagai macam obat yang bisa dibeli bebas di apotek terdekat. Sedangkan untuk kasus yang parah, Anda sebaiknya menemui dokter spesialis kulit atau dermatolog untuk menentukan langkah pengobatan yang paling tepat. Berikut ini adalah beberapa teknik pengobatan untuk menangani komedo.
  • Obat bebas. Banyak obat untuk segala jenis jerawat yang dijual bebas di toko obat atau apotek. Obat bisa tersedia dalam bentuk krim, gel, atau tempelan, dan bisa diterapkan langsung pada kulit. Obat-obatan ini biasanya mengandung asam salisilat, benzoyl peroxide, dan resorcinol. Obat ini berfungsi untuk membunuh bakteri, mengeringkan minyak berlebihan, dan membuat kulit merontokkan sel kulit mati.
  • Obat resep. Obat yang mengandung vitamin A yang berfungsi mencegah terbentuknya penyumbatan pada folikel rambut dan juga mempercepat pergantian sel kulit bisa diberikan. Obat ini digunakan ketika obat-obatan bebas tidak bisa memberikan hasil maksimal. Terutama jika komedo yang muncul disertai dengan kista jerawat dan bisul, obat yang diberikan akan mengandung benzoyl peroxide dan antibiotik.
  • Dokter spesialis. Dermatolog atau dokter spesialis kulit akan memakai alat khusus yang terbuat dari logam dengan lingkaran kecil di bagian ujung untuk mengangkat penyumbatan yang menyebabkan komedo. Selain itu, alat pengikis kulit khusus juga bisa digunakan untuk membuang sel kulit mati pada permukaan kulit. Dokter spesialis mungkin juga akan memberikan bahan kimia untuk mengupas sel kulit mati.
  • Terapi laser dan cahaya. Terapi laser dan cahaya akan memanfaatkan sinar untuk menurunkan produksi minyak pada kulit atau membunuh bakteri yang ada. Terapi ini bisa mengobati komedo dan jerawat tanpa merusak permukaan kulit paling luar.
Cara Menghilangkan Komedo

Bagaimana Cara Menghilangkan Komedo ?

  • Konsumsi air putih
Rutinlah mengonsumsi air putih minimal 8 gelas setiap harinya karena mampu memperlancar metabolisme tubuh sehingga racun-racun dan zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh dapat dibuang secara teratur. Selain itu, ternyata air putih juga menjadi terapi untuk kecantikan. Sehingga wajah Anda tampil berseri dan bebas komedo.

  • Rawat wajah secara rutin
Cara Alami Menghilangkan Komedo yang kedua adalah memperhatikan kebersihan wajah. Pastikan setelah beraktivitas di luar ruangan yang terkena paparan sinar matahari dan debu, bersihkan wajah Anda menggunakan sabun wajah. Pastikan wajah sudah bersih dari make up sebelum tidur. Sehingga ketika beristirahat kulit Anda bisa bernafas dengan bebas.

  • Putih telur
Anda bisa mengatasi komedo menggunakan putih telur. Cukup mengambil putih telur dan letakkan pada mangkok. Kemudian aduk hingga berbusa dan oleskan pada wajah yang yang terdapat komedo. Setelah itu, segera tutup menggunakan tisu atau kapas. Tunggu hingga mengering. Angkat tisu atau kapas secara perlahan dan lihatlah berapa banyak komedo yang terangkat dari wajah Anda.
  • Uap air panas
Siapkan satu mangkok air panas yang sudah dicampur dengan satu sendok garam. Dekatkan wajah atau hidung Anda dengan air panas itu selama kurang lebih 10 menit. Dengan cara ini juga dapat melancarkan peredaran darah.
  • Lidah buaya
Ambil lidah buaya, kemudian belah dan ambil lendirnya. Oleskan secara rata pada wajah yang berkomedo. Tunggu hingga mengering dan bilas menggunakan air bersih.
  • Lemon
Siapkan satu buah lemon. Potong menjadi 2 atau 3 bagian. Potongan tersebut dipijatkan pada wajah Anda. Lakukan perawatan ini sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.
  • Es batu
Rawatlah wajah menggunakan es batu agar pori-pori wajah mengecil. Pori pori yang besar memungkinkan akan kotoran-kotoran yang mudah menempel pada wajah. Tempelkan es batu pada bagian wajah yang berkomedo selama 5 hingga 10 menit.
  • Buah pepaya 
sudah sangat terkenal akan khasiatnya untuk perawatan maupun kecantikan kulit wajah. Salah satu keunggulan pepaya adalah untuk mengatasi komedo. Caranya cukup mudah, yaitu buatlah masker papaya. Lembutkan potongan buah papaya hingga mirip bubur secukupnya dan kemudian oleskan pada sekitar wajah yang nampak terdapat komedo secara merata. Biarkan beberapa saat lalu bilas dengan air bersih. Anda bisa melakukan hal ini pada saat bangun pagi dan menjelang tidur malam.
  • JUS LEMON
Cara menghilangkan komedo secara alami selanjutnya yaitu dengan menggunakan jus lemon atau jeruk nipis. Lemon sangat efektif untuk menghilangkan minyak berlebih pada wajah. Caranya yaitu siapkan jus lemon, campurkan dengan minyak almond dan gliserin. Campurkan ketiga bahan tersebut dan haluskan menggunakan blender. Setelah itu oleskan pada area yang berkomedo secara merata, tunggu beberapa 10 menit lalu bilas memakai air bersih. Cara ini juga ampuh untuk menghilangkan noda-noda flek hitam pada wajah anda. Anda juga bisa membuat scrub, dengan campuran air lemon, air garam, madu dan yoghurt. Campurkan bahan tersebut lalu gosokkan lembut di area yang terkena komedo.  
  • Scrub 
Bahan scrub adalah salah satu cara menghilangkan komedo dengan cepat. Terdapat banyak sekali produk scrub pembersih wajah yang bisa anda dapatkan di swalayan. Jika ingin menggunakan scrub berbahan alami, bahan yang bisa digunakan adalah kopi.
  • Tea Tree Oil 
Tea tree oil dikenal bermanfaat untuk menghilangkan jerawat dan membasmi noda hitam. Selain itu, khasiat tea tree oil juga ampuh untuk menghilangkan komedo dari wajah. Cukup usapkan ke bagian-bagian yang rawan terkena komedo secara rutin untuk mencegah komedo menyusup ke dalam kulit. Pastikan agar komedo lama sudah dibersihkan sebelum menggunakan tea tree oil ini. 
  • Oat 
Bahan gandum selain bermanfaat untuk menyedot minyak berlebihan pada kulit juga bermanfaat untuk mengatasi komedo dari kulit. Cara menghilangkan komedo pada wajah dengan oat adalah dengan cara memijat campuran oat dan air pada wajah secara menyeluruh untuk melepas sel-sel kulit mati sekaligus melancarkan aliran darah di wajah.
  • Kacang Kedelai 
Kacang kedelai juga bisa diaplikasikan untuk mengatasi komedo membandel dari wajah. Cukup jus kacang kedelai dan gunakan sebagai masker wajah. Diamkan selama setengah jam lalu bilas hingga bersih.
  • Baking Soda 
Salah satu bahan untuk membuat kue ini ternyata juga efektif digunakan sebagai penghilang komedo. Cara melakukan perawatan dengan baking soda adalah dengan cara mengurutkan adonan baking soda pada kulit wajah selama beberapa menit untuk melepas komedo sekaligus sel-sel kulit mati dari permukaan kulit.
  • Air Garam 
Cara menghilangkan komedo dari wajah juga bisa menggunakan air hangat yang dicampur dengan garam. Fungsi air hangat adalah untuk membuka pori-pori kulit, sedangkan fungsi garam untuk melepas komedo dari balik kulit. Setelah membersihkan wajah, basuhlah dengan menggunakan air dingin sebagai penutup.
  • Lobak 
Selain pepaya dan kacang kedelai, masker lobak juga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu cara menghilangkan komedo dari wajah. Perawatan ini bisa dilakukan 1 minggu sekali, atau dikombinasikan dengan masker pepaya.
  • Kulit Jeruk 
Kulit jeruk juga bisa menjadi bahan ampuh  untuk mengatasi masalah seputar kulit, termasuk komedo. Cukup tempelkan kulit jeruk pada permukaan kulit yang kasar dan berkomedo untuk melepaskan komedo dari permukaan kulit.
  • Odol/Pasta Gigi

Lho? Odol kan bukan produk kecantikan? Iya betul odol bukan produk kecantikan. Honestly, saya juga lum pernah coba tapi dari info yang saya dapet di FemaleDaily (ini forum cewe yang paling OK nurut gw), banyak yang berhasil!
Jadi, saya masukin caranya di sini supaya bisa membantu kamu:
Cara Pakai:

  1. Bersihin wajah dengan air hangat
  2. Campur sedikit pasta gigi merek apa aja + garam secukupnya
  3. Oleskan ke bagian yang banyak komedonya
  4. Pakai sikat gigi khusus (bukan yang lo biasa pake buat sikat gigi ya!) yang lembut, gosok pelan-pelan
  5. Lakukan kurang lebih 5 – 7 menit
  6. Bilas wajah dengan air bersih
  •  Facial
Facial adalah perawatan untuk menjaga kebersihan, kesehatan, kecantikan dan kulit wajah. Dengan facial, muka Anda bisa bersih dari debu dan polusi yang menempel. Dengan wajah yang bersih, sulit bagi jerawat untuk muncul.
Selain itu juga selama facial ini biasanya komedo kamu bakal ‘dipencet’ satu-satu. Duhh attitt! Saya sendiri kadang sampe keluarin air mata pas lagi dipencetin komedonya. Cuma memang sehabis itu bersih banget:

Info lainnya:
Facial sebaiknya dilakukan 2 minggu sekali.
  • Peeling/ Chemical Peeling

Peeling atau Chemical Peeling adalah perawatan wajah yang mampu mengangkat kotoran dari dalam kulit sedangkan facial hanya membersihkan bagian permukaan kulit saja.
Setelah mengambil perawatan peeling, beberapa bagian kulit wajah Anda akan terkelupas. Jangan takut, itu sel-sel kulit wajah yang sudah mati/rusak (terumata pada bagian bekas jerawat) namun selama ini masih menempel. Akan ada sel-sel kulit baru yang akan menggantikannya.
Lalu apa fungsi perawatan peeling buat komedo? Peeling ini juga bisa keluarin komedo tanpa perlu ‘dipencet-pencet’
Kalo takut sakit, mending ambil peeling aja


Menghilangkan Komedo

Tips Membersihkan Komedo Secara Alami

Ketika Anda melihat tumpukan komedo di permukaan hidung Anda, sudah saatnya membersihkan komedo tersebut. Berikut adalah cara membersihkan komedo secara alami sehingga permukaan hidung nampak kembali mulus:
  • Bersihkan wajah dengan air hangat. Jika Anda baru melakukan aktifitas yang membuat wajah ditempeli kotoran, lumpur dan sebagainya, bersihkan secara maksimal dengan toner.
  • Tempelkan plester komedo di atas permukaan hidung sesuai petunjuk kemasannya. Biasanya, Anda akan diminta membasahi hidung, menempelkan plester dengan rapi, menunggu hingga plester terasa kering, lalu mencabutnya dengan cepat.
  • Setelah mencabut plester, cuci hidung dengan air. Oleskan scrub wajah di permukaan kulit (fokuskan pada daerah yang berkomedo) lalu gosok dengan gerakan memutar perlahan.
  • Anda bisa tutup perawatan ini dengan masker yang mengandung bahan bengkoang, lemon, tea tree oil, ketimun, jeruk nipis atau beras, yang fungsinya adalah mencerahkan sekaligus mengangkat kotoran dan minyak berlebih. Diamkan selama 10-15 menit.
  • Cuci wajah dengan air hangat dan sabun wajah lembut.

Cara Menghilangkan Komedo Dengan 6 Kebiasaan Sehari-hari

Cara menghilangkan komedo memang tak cukup dilakukan dengan perawatan saja. Tapi juga perhatian terhadap beberapa kebiasaan kita sehari-hari terhadap kulit wajah kita. Berikut adalah 6 kebiasaan sehari-hari sebagai upaya untuk mengurangi sekaligus menghilangkan komedo dari wajah. Apa sajakah itu?
Perhatikan Kebersihan Wajah - Memperhatikan kebersihan wajah bisa berupa membersihkan sisa-sisa make-up, menggunakan penutup wajah jika berada di luar atau saat berkendara, mencuci minyak wajah secara teratur.
Minum Air Putih - Ahli kesehatan menganjurkan kita untuk rutin mengkonsumsi air putih secara teratur atau 8-12 gelas sehari untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain menjaga kesehatan, terapi air putih juga dikenal sebagai terapi untuk kecantikan. Salah satu penyanyi legendaris Titiek Puspa juga pernah mengungkapkan, terapi air putih adalah salah satu rahasia awet mudanya yang sudah ia jalani sejak berusia muda.
Perawatan Wajah Secara Rutin - Cara menghilangkan komedo dengan cepat, salah satunya adalah dengan melakukan facial. Tentu saja, perawatan ini memerlukan sedikit waktu dan biaya. Tapi tak ada salahnya untuk melakukan perawatan ini minimal sesekali dalam sebulan untuk menjaga kelenturan dan kesegaran kulit wajah.
Perhatikan Kebersihan Alat - Bagi yang sering menggunakan alat make-up. Harap membersihkan peralatannya secara rutin, meletakkannya ditempat yang bersih, serta memastikan agar alat dalam kondisi tetap steril setiap saat.
Kurangi Kebiasaan Memencet Komedo - Cara menghilangkan komedo dengan cepat biasanya dilakukan dengan cara memencet keluar komedo dengan kedua jari. Padahal hal tersebut dapat membuat pori-pori semakin besar. Jika dilakukan secara rutin akan membuat kulit wajah dan hidung terlihat kasar dan bopeng.
Konsumsi 4 Sehat 5 Sempurna - Kecantikan kulit bukan saja ditunjang oleh perawatan eksternal saja, tetapi juga dari kebiasaan sehat dan konsumsi gizi yang kita makan sehari-hari. Kurangi makanan yang berlemak untuk mencegah hormon memproduksi minyak yang berlebihan pada wajah.

Bahan-bahan alami untuk menghilangkan komedo

Permasalahan komedo dipicu oleh berbagai faktor, antara lain faktor genetik, hormon, kosmetik, psikologis dan lingkungan. Komedo lebih banyak menyerang kaum wanita dibanding pria. Penggunaan kosmetik yang mengandung unsur minyak ikut memicu timbulnya komedo pada wanita. Pada pria, ketidakseimbangan hormon, stres, lingkungan yang lembab dan kurang bersih adalah faktor utama yang memicu munculnya komedo.

Bahan Bahan Untuk Menghilangkan Komedo
Masalah komedo bisa dicegah dengan menghindari faktor pemicunya. Namun, apabila ada komedo di hidung yang membandel, bahan-bahan yang tersedia di rumah seperti putih telur, jeruk nipis, es batu, pasta gigi, lidah buaya, lobak, pepaya, air garam dan tomat dapat digunakan sebagai cara menghilangkan komedo di hidung secara alami. Bahan-bahan tersebut sangat mudah didapat dan harganyapun murah. Penggunaan secara rutin dan berkelanjutan mampu mengatasi komedo dan mencegah komedo datang kembali.

Tips Mencegah Timbulnya Komedo

Selain cara mengatasi komedo diatas, yang juga penting adalah menjaga agar komedo tidak muncul kembali. Berikut ini langkah-langkah preventif untuk menghindari munculnya komedo, yaitu antara lain:
  • Hindari rokok dan polusi yang berlebihan, pakailah masker pada saat di luar.
  • Menggunakan make-up, lotion dan wajah pembersih yang diperuntukkan untuk wajah berminyak.
  • Hapus bersih make-up anda sebelum tidur dengan air hangat.
  • Mengurangi asupan makanan berminyak, seperti cokelat, makanan goreng, dan fast food.
  • Mengkonsumsi makanan yang mengandung beta-karoten.
  • Jangan pernah meremas komedo karena dapat menyebabkan bakteri menyebar sehingga menimbulkan komedo baru dan bekas luka.
  • Cuci muka secara teratur. Mencuci muka sebelum dan setelah tidur dapat membuang penumpukan minyak yang dapat menyebabkan komedo. Selain itu, setelah mengonsumsi makanan berminyak, usahakan untuk mencuci muka. Minyak makanan bisa menyumbat pori-pori. Tapi jangan terlalu sering mencuci muka karena bisa memperburuk jerawat yang ada dan juga membuat kulit mengalami iritasi.
  • Mencuci rambut tiap hari. Cucilah rambut Anda tiap hari, terutama ketika rambut Anda berminyak. Minyak rambut dapat menyebabkan tersumbatnya pori-pori yang akhirnya mengakibatkan komedo.
  • Gunakan produk yang tidak mengandung minyak. Pilih riasan, losion, dan tabir surya yang tidak mengandung minyak. Beberapa produk kecantikan yang mengandung minyak bisa memperparah komedo.
  • Menggunakan produk pengupas kulit mati. Cobalah menggunakan produk pengupas kulit seperti scrub dan masker wajah untuk mengangkat sel kulit mati dari wajah. Sebaiknya tanyakan kepada dokter mengenai produk yang aman.
Demikianlah informasi yang dapat materikesehatan.com sampaikan Mengenai Cara menghilangkan komedo, semoga bermanfaat dan jangan takut untuk mencoba salah satu yang mungkin menurut sahabat aman,,semoga cepat hilang komedo nya ...amin

http://www.materikesehatan.com/2016/05/jual-masker-kefir-toner-kefir-cream.html