Iklan

Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Naga - Sahabat Sehat Kali Ini Admin Mau informasikan Mengenai Manfaat Buah Naga Dan Sebelumnya Admin Telah Membahas Manfaat Daun Anting - Anting bagi kesehatan,Nah, Sahabat  Buah yang memiliki rasa manis dan sedikit asam ini memang mempunyai manfaat dan penggemar yang sangat banyak. Buah naga aslinya berasal dari Negara amerika tengah, atau lebih pasnya berasal dari Negara Mexico.Buah naga merupakan buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Kebanyakan orang mengira buah yang dianggap membawa berkah ini berasal dari Cina. Mungkin karena buah naga hampir selalu hadir dalam setiap ritual atau upacara adat di Cina. Padahal, buah ini aslinya berasal dari Amerika Latin yang kemudian menyebar ke Israel, Australia, Cina, dan negara Asia Timur lainnya, Srilanka, dan akhirnya Asia Tenggara.
 Walaupun Dragon fruit (buah naga) berasal dari Mexico, sekarang ini buah naga sudah sangat mudah untuk kita jumpai dipasaran buah tanah air, baik itu dipasar swalayan, dimall, ataupun tempat penjual buah kusus. Hal ini dikarenakan buah naga juga sudah dibudidayakan oleh para petani individual dinegara tercinta kita ini
(Indonesia).

Buah naga sendiri memiliki dua jenis warna, yaitu buah nagamerah dan buah naga putih. Tetapi berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan oleh pakar gizi dan kesehatan, buah naga jenis merah-lah yang sangat baik untuk kesehatan tubuh seseorang.

Namun bukan berarti buah naga putih tidak baik untuk kesehatan yahh, hanya saja buah naga merah lebih diunggulkan dalam situasi ini. Untuk dapat memperoleh khasiat yang luar biasa dari buah naga banyak sekali caranya. Boleh dikonsumsi secara langsung tanpa harus diolah, namun juga bisa digunakan untuk jus sehat.

Buah Naga

Berikut akan dijelaskan secara rinci mengenai manfaat buah naga:

Banyak Vitamin dan Nutrisi Penting Lain

Buah naga kaya akan kandungan vitamin yang berguna untuk menjaga kondisi kesehatan manusia. Jenis vitamin yang terdapat dalam buah ini diantaranya:
  • Vitamin C

    Kadar vitamin C dalam buah naga mampu memenuhi kebutuhan vitamin C harian tubuh, bahkan 10 kali lipat melebihi jumlah yang diharuskan. Jadi sangat disayangkan jika Anda tidak menyimpan buah ini dalam lemari es agar saat makan malam bisa sekalian merasakan kesegaran buah naga dalam bentuk jus.
  • Vitamin B1

    Vitamin B1 atau thiamine yang terdapat dalam buah naga tidaklah sedikit. Jika Anda hobi makan roti gandum untuk sarapan, cobalah untuk menutupnya dengan minum jus buah naga, hal ini dimaksudkan agar vitamin B1 dalam buah naga dapat merubah karbohidrat menjadi energi yang siap digunakan untuk bekerja.
  • Vitamin B3

    Manfaat vitamin B3 atau niasin adalah sebagai penurun kadar kolesterol jahat yang menumpuk dalam tubuh. Jika sewaktu-waktu Anda di beritahu oleh dokter kalau jumlah kolesterol Anda berlebih, cobalah rutin konsumsi buah naga agar nilai kolesterol yang melebihi jumlah normal dalam tubuh Anda berkurang.
  • Vitamin B12

    Fungsi vitamin B12 (riboflavin) dalam tubuh adalah menjaga sistem saraf tetap sehat dan melancarkan proses pembentukan DNA. Selain itu, riboflavin juga membantu mengatur pembentukan sel darah merah (hemoglobin) dalam tubuh.
Selain keempat vitamin diatas, kandungan nutrisi yang terdapat pada buah naga juga banyak. Berikut ini misalnya:

Serat

Berkat kandungan serat dalam buah naga, sistem pencernaan manusia jadi lebih lancar. Hal menakjubkan lain yang tubuh peroleh dari kandungan gizi berupa serat buah naga lain adalah:
  • Memperpanjang Usia

    Sebuah riset menelurkan hasil kalau rutin memenuhi kebutuhan serat harian akan memiliki kesempatan hidup 9 tahun lebih lama dibanding mereka yang tidak memenuhinya.
  • Menjaga Kesehatan Usus

    Konsumsi makanan yang mengandung serat cukup dapat menjaga kesehatan usus secara keseluruhan, hal ini tentu membantu usus terhindar dari penyakit mengerikan semacam kanker usus.
  • Mencegah Diabetes

    Dilansir dari Huffington Post, diet berserat tinggi dapat menghambat proses penyerapan gula dalam darah. Hal tersebut merupakan kabar baik bagi kita, sebab risiko terserang diabetes tipe 2 menjadi lebih kecil.
  • Menurunkan Berat Badan

    Perut gendut bisa memancing penyakit, untuk itu segera turunkan berat badan agar hidup terbebas dari waspada penyakit. Anda bisa menjalankan program diet sehat serta rajin konsumsi buah naga, sebab kandungan serat di dalamnya mampu membuat perut tahan kenyang lebih lama.
  • Mencegah Serangan Jantung

    Dari hasil penelitian terdengar berita kalau mengonsumsi makanan berserat dapat memperkecil risiko terkena serangan jantung. Kabar ini semakin kuat karena para ahli mengatakan kalau serat berfungsi mencegah inflamasi dan menurunkan tekanan darah.

Mineral

Dalam buah naga juga terdapat banyak mineral, seperti fosfor dan kalsium. Keduanya memiliki peran yang berbeda, tetapi saling melengkapi sehingga setiap kekurangan akan tertutupi oleh salah satunya.

Fungsi fosfor dan kalsium:
  • Pembentuk dan memperkuat tulang.
  • Berguna bagi metabolisme pada sel aktif dalam tubuh.
  • Bersenyawa dengan P dan Mg membentuk bagian tulang yang keras.
  • Sebagai katalisator dalam darah untuk membentuk trombin dan protrombin.
  • Mempertahankan tonus dan kepekaan.
  • Pada sistem saraf sebagai transmisi saraf.
  • Zat pengaktif enzim (lipase. ATPase).
  • Mempengaruhi proses permeabilitas membran.

Protein

Protein adalah gizi penting yang dibutuhkan tubuh untuk membangun dan mendorong proses metabolisme dalam tubuh. Secara mandiri tubuh membentuk protein, tetapi jauh lebih terbantu jika mendapat asupan protein dari makanan seperti buah naga ini.

Fungsi protein:
  1. Sumber energi tubuh.
  2. Membentuk otot, sangat cocok bagi pria yang gemar berolahraga ringan maupun berat seperti angkat besi.
  3. Bisa menjadi energi bagi orang yang menjalani diet rendah gula.
  4. Karena berfungsi sebagai zat pembangun, protein dapat membantu proses tumbuh kembang anak-anak dan remaja.
  5. Membantu tubuh mendetoksifikasi serta menetralkan zat berbahaya yang masuk ke dalam tubuh, seperti racun.

 Khasiat Buah Naga Bagi Tubuh

Buah naga tidak hanya memberikan berkah bagi warga Vietnam dan China. Buah ini memang bermanfaat bagi semua orang yang mengkonsumsinya, terutama ibu hamil. Menurut jenisnya buah naga dibedakan menjadi empat jenis, meskipun terkadang orang hanya membedakan menjadi dua yaitu buah naga merah dan buah naga putih. Hal ini disebabkan karena warna merah dan putih merupakan warna dominan daging buah, sedangkan kulitnya bisa berbeda satu sama lain. Berikut ini jenis buah naga yang perlu anda ketahui:
  • Hylocereus undatus, kulit buah berwarna merah namun daging buah berwarna putih
  • Hylocereus polyrhizus, kulit buah berwarna pink / merah muda sedangkan daging buah berwarna merah
  • Selenicereus megalanthus, kulit buah agak kuning dan daging buah berwarna putih
  • Hylocereus costaricensis, baik kulit dan daging berwarna sangat merah
Keempat jenis buah merah tersebut sama-sama memberikan khasiat untuk mencegah dan mengurangi resiko penyakit berbahaya seperti jantung, diabetes, dll. Hal ini dikarenakan buah naga banyak mengandung Vitamin C, B1, serat, asam folat dan karoten. Saya akan membahas lebih lengkap mengenai manfaat apa saja yang dapat anda peroleh dari mengonsumsi buah naga.
1. Mencegah Kanker
Kita tahu bahwa kanker merupakan penyakit yang berbahaya. Penyakit ini sulit dan mahal untuk diobati, oleh karena itu kita dapat melakukan pencegahan dengan sering mengkonsumsi buah naga. Kandungan antioksidan didalam buah naga terbukti ampuh untuk mengurangi resiko kanker.
2. Mengurangi Resiko Diabetes Melitus
Buah naga banyak mengandung vitamin B3 yang dipercaya dapat mengurangi kadar gula darah. Apabila kadar gula darah dapat dikontrol maka resiko diabetes dapat diminimalisir. Bagi yang memiliki keturunan diabetes, seringlah mengkonsumsi buah naga agar resiko anda mengalami diabetes semakin kecil. Ingat bahwa saya pernah menuliskan artikel mengenai penyebab diabetes yang salah satunya berasal dari faktor keturunan.
3. Mengurangi Resiko Serangan Jantung
Seperti halnya kanker, penyakit jantung merupakan penyakit yang mematikan. Oleh karena itu lebih baik kita mengantisipasinya daripada harus mengobati. Kandungan yang dimiliki oleh buah naga dipercaya berkhasiat untuk mengurangi resiko serangan jantung pada manusia.
4. Menjaga Kesehatan Tulang
Bila anda ingin mencari alternatif susu sebagai pemasok utama asupan kalsium, anda bisa mencoba dengan mengkonsumsi buah naga secara rutin. Menurut FAO (badan PBB yang mengurusi pangan), kandungan kalsium dan fosfor pada buah naga cukup tinggi. Menjaga kekuatan tulang merupakan langkah anda untuk mengurnagi resiko osteoporosis dan permasalahan tulang yang lainnya.
5. Menjaga Kesehatan Mata
Khasiat buah naga selanjutnya diperoleh dari kandungan betakaroten yang berguna untuk kesehatan mata. Anda bisa mengkombinasikannya dengan wortel jika anda mulai bosan dengan menu yang itu-itu saja. Bila sebelumnya anda hanya mengkonsumsi jus wortel yang rasanya agak aneh, sekarang anda bisa menggantinya dengan jus buah naga yang notabene lebih sedap daripada jus wortel. Biasakan rutin untuk mengkonsumi buah naga agar mata anda lebih sehat dan jernih.
6. Bisa untuk Diet
Bagi yang sedang menjalani program diet, anda bisa mencoba menggunakan buah naga untuk asupan gizi anda sehari-hari. Buah naga terkenal kaya akan kandungan serat dan rendah kalori. Anda bisa mengontrol jumlah kalori anda dengan mudah menggunakan buah naga karena kandungan kalorinya yang cukup rendah. Anda juga tidak perlu khawatir akan cepat lapar karena kandungan serat yang dimiliki oleh buah naga cukup membuat anda kenyang.
7. Anti Aging
Sebenarnya khasiat buah naga tidak hanya untuk kesehatan saja, namun juga untuk kecantikan. Perawatan agar selalu tampil cantik dan awet muda memang membutuhkan dana yang cukup besar maka dari itu anda bisa mencoba menggunakan buah naga sebagai alternatif. Nutrisi yang dimiliki oleh buah ini dipercaya mampu untuk membersihkan kulit, mengencangkan kulit dan mencegah jerawat.
8. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh
Bila anda ingin badan anda tidak mudah sakit, selain berolahraga dan istirahat yang cukup tentu saja anda perlu memilih makanan yang baik dan memiliki kandungan yang cukup. Kandungan vitamin C, protein, dan potassium dalam buah naga dipercaya mampu menangkal penyakit yang datang. Jika anda merupakan orang yang gampang sakit saat pergantian musim, sebaiknya anda mencoba mengkonsumsi buah naga secara rutin.
9. Melancarkan Pencernaan
Khasiat buah naga yang paling dahsyat adalah membantu anda apabila sedang mengalami masalah pencernaan. Vitamin B1 dan serat larut pada buah naga sangat efektif untuk melancarkan pencernaan. Anda bisa membuah jus buah naga agar mudah dicerna dan membantu melarutkan penyumbatan diusus.
10. Menjaga Kesehatan Gigi
Bila anda memiliki permasalahan gigi, saya sarankan untuk mengkonsumsi buah naga. Cara termudah agar anda dapat mengkonsumsi buah naga adalah dengan cara membuat jus. Jus buah naga memiliki manfaat yang cukup besar karena kandungan kalsium dan fosfornya yang cukup tinggi.
11. Untuk Mendeteksi Kandungan Boraks dan Formalin
Beberapa kasus penggunaan boraks dan formalin pada makanan sempat membuat cemas masyarakat. Bahan yang cukup berbahaya ini dicampurkan untuk bahan pengawet agar penjual tidak merugi jika dagangannya tidak habis terjual. Jika anda ingin melakukan ujicoba mendeteksi formalin pada tahu misalnya, anda dapat menggunakan ekstrak dari buah naga dan air untuk merendam tahu yang dicurigai mengandung formalin. Setelah anda mendiamkan setidaknya 15 menit anda bisa memasukkan kertas tisu pada rendaman tersebut, warna tisu akan menjadi merah.
12. Bermanfaat Untuk Ibu Hamil
Manfaat buah naga untuk ibu hamil sangat besar. Hal ini karena buah naga memiliki kandungan seperti asam folat, karoten, beberapa vitamin, serat dll yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam proses perkembangan janin. Selain harganya yang cukup terjangkau, khasiat buah naga ini sangat penting untuk kesehatan janin anda. Mengkonsumsi buah naga secara rutin merupakan langkah awal untuk pertumbuhan dan kesehatan janin anda.

Demikian Ulasan Pendek Mengenai Manfaat Buah Naga Sebenarnya masih banyak manfaat buah naga yang belum bisa Adimn  tampilkan disini,Semoga Bermanfaat bagi para pembaca dan menambah wawasan Sobat Semua. Terimakasih